Rabu, 29 April 2020

Project DIY; Refashion mekena lama.

 Project DIY; Refashion mekena lama.

 bagi para cewek yang alhamdulilah udah bocor mari kira nikmati dan shukuri berkah Tuhan i  Project DIY; Refashion mekena lama.
 Project DIY; Refashion mekena lama.


haloo assalamualaikum..
bulan puasa nieh,bagaimana puasa anda lancarkah? bagi para cewek yang alhamdulilah udah bocor mari kira nikmati dan shukuri berkah Tuhan ini. Alhamdulillah. Tapi seenak enaknya kita ga puasa paling nikmat kalo kita berpuasa. ya ga?? hehe ada sensasi dan nikmat yang ga bisa di jelasin ketika kita berbuka dan menikmati khusyuknya beribadah. hehe

ini dia perubahannya   
behubung bulan puasa berbanding lurus dengan larisnya mukena dan baju baru maka saya kepengen share permukenahan. emm kali ini saya mau nulis pengalaman saya ngapgret mukena saya. sebenernya ini yang kedua kalinya saya mengotak atik mukena lama saya. Emang di rumah ada beberapa mukena yang udah lumayan lama, karena memang di rumah itu ada 3 manusia pengguna mukena dan 2 penggunanya sering gonta ganti mukena yang otomatis sering beli mukena. nah yang satu pengguna lagi yaitu saya seringnya ngapgertin mukena mukena mereka yang mereka uadah ga mau make lagi. hahaha kasian benget saya yak? Kan kasian mukena masih dalam kondisi bagus tapi ga dipake?
 Dan puasa taun kemaren pun saya mencoba bikin mukena lama biar jadi agak terlihat seperti baru. hehe tapi tetep aja lama ding hahah . jadi pada dasarnya bulan puasa ga harus beli mukena baru kok. yang lama juga masih bisa di pakai. yang penting bersih dan nyaman untuk di pakai. insyaalloh ga ngaruh sama kuaitas ibadah kita kok.
oke critanya saya lagi beberes lemari dan eh... ketemu sama mukena adek saya waktu smp. warnanya masih lumayan bagus Cuma ga pernah di pakai karena masalahnya udah kekecilan. jadi kalo di pake jari tangannya keliatan. ya iyalah adek saya kan sekarang udah sma dan itu mukena udah 4 tahun yang lalu. emm putar otak. Trus mamah saya nyeletuk, di sambung aja kaya punyamu dulu itu. oke deh mam usul diterima, tapi mau di sambung pake apa? ga ada stok kain. ehh layaknya ibu peri mamah saya ngasih saya sarung nya bapak saya yang ga kepake. xixixi misi terselamatkan.!! well coraknya kesarungan banget (y iyalah), tapi masih dalam kondisi yang oke. menurut analisis saya nih sarung pasti baru beberapa kali di pake sama si empunya, dan  mungkin karena suatu hal si empunya ga mau make lagi. tapi not bad lah kalo Cuma di bikin mukena,, yaiyalah haha tanpa pikir panjang langsung gunting jait cuci pake. hihi
proyek kali ini terbilang sangat mudah dan ga memerlukan banyak waktu. Mungkin sekitar 1 jam aja kok. yukk cekidut.
sarung butut dan mukena butut   

A.      bahan
1.       mukena lama
2.       benang jahit
3.       sarung (sebiji aja) / kain 2m
4.       elastis (untuk pinggang rok)

B.      alat
1.       mesin jait
2.       gunting
3.       pita ukur atau penggaris. ga pake juga ga papa
4.       peniti / penjepit rambut ( untuk memasukkan elastis)
kita bikin rok mukenanya nya dulu yak. Karena rok adek saya kena tinta jadi saya bikinin rok nya dari sarung ini. Dan biar perubahannya drastis gitu. hehe
pertama tama gunting sarung, sarung biasanya lebarnya 2 meter an lah ya. nah pada gambar ini dalam kondisi di lipat dua jadi itu berarti lebarnya 1 meter , ukur 70 cm dan potong seperto garis panah orange . sisanya untuk bikin renda di mukena nantinya.

potong sesuai garis orange   


jahit lurus kain sarung   

setelah di potong jahit mukena mengikuti garis panah orange.
setelah di jahit udah berbentuk rok kan ya? tinggal kita bikin ban pinggangnya. caranya lipat lingkaran pinggang ke arah dalam kira kira 3 cm kemudian jait melingkar. jangan lupa sisakan kira kira 10 cm untuk memasukkan tali elastis yak.

beri sisa lubang untuk memasukkan elastis




jait elastis, agar kuat saya jait zig zag

masukkan elastis menggunakan peniti atau penjepit rambut. kemudian jahit eleastis agar kuat.
kemudian bagian yang tadi untuk memasukkan elastis jahit ya.. penampakannya seperti ini.
 
jait lagi lubang sisa untuk memasukkan elastis tadi



sekarang sudah berbentuk rok. Bagian bawah rok mukena ini tidak saya kelin karena memang tepi kain sarung biasanya aman dari kebrodolan. : D.

rok mukena


nah rok nya udah jadi, sekarang kita mempercantik mukenanya yuukk..mudahkan?!

 dengan kain sisa rok tadi gunting menjadi 4 bagian sama panjang dan lebarnya. kemudian kril bagian ini atau kelin saja menggunakan mesin jait.(saya hanya mengelin sederhana dalam project ini)
potong garis orange dan sambung pada garis merah
karena tujuan awal kita mnyambung mukena jadi saya mempertahankan bordir bawaaan si mukena. oke jahit ya bagian jelek sarung (yang ga di kelin) dengan tepi mukena.
 nah karena bentuk tepian si mukena ini melengkung jadi beri lipatan atau wiru setiap 15 cm atau terserah menurut selera anda agar tekstur si sarung ini "jatuh"(emm padanan kata lainnya apa ya?? ah yagitu deh pokoknya biar bagus gitu kalo di pake).  Jadi sambil jait, lipit si sarung ini. hehe.
penampakan wiru

jahit sampai keliling tepian mukena yak. dan jika seandainya masih sisa. jangan panik. bisa di gunain untuk tali di bagian kepala atau kalo mau praktisnya buang ajah jika tidak memungkinkan untuk di gunakan hehehe

dan taraaaaaa..
penampakan


dari yang begini jadi begitu





mukena lama yang terasa baru kita udah jadi.. dari yang begitu jadi begini.. udah ga kekecilan lagi.. cuci setrika dan siap buat sholat. setidaknya ga usah beli kalo kita bisa bikin sesuata yang lama menjadi nampak baru. Bagi saya yang penting mukena itu bersih, menutup aurat ketika kita beribadah itu udah cukup kok.
kadang kala suatu keterbatasan membuat kita jadi kreatif dan kritis. selamat mencoba ya..
tetap cantik tetap kreativ yak.. see ya next post!!



buka mesin jahit : http://penonino.blogspot.co.id/2021/06/project-diy-cara-membuat-mukena-lama.html